Arti Sebuah Kebersamaan

Posted: November 17, 2013 in Tugas Kampus
Tags:
One for all, and all for One.

One for all, and all for One.

Apakah kalian pernah denger kata deskriminasi. Atau bahkan, kalian pernah melakukannya? Hehehe.

Segala tindakan yang tidak kita sadari seperti mengejek teman, menghina baik fisik dan mental, melakukan tindakan ekstrim yang intinya memojokkan orang lain dimana orang itu merasa tidak nyaman dengan apa yang kita lakukan, dikatakan sebagai deskriminasi.

Gue pribadi juga sering melakukan hal itu. Asik sih, karena buat kita ketawa.  Apalagi kalo kita lagi stress, udah deh ngebully menjadi alternatifnya.

Sebenernya banyak banget yang termasuk diskriminasi, seperti ras, warna kulit, agama, dan sebagainya. Contoh  yang paling sering terjadi, seperti orang kulit putih melawan kulit hitam di Amerika Serikat. Orang kulit putih merasa bahwa meraka adalah golongan ras kelas atas dan kulit hitam adalah budak.

Ada sebuah moment dimana dulu gue punya teman yang menjadi bahan pembully-an massal di sekolah karena dia melakukan operasi dibibir setelah mengalami kecelakaan. Awalnya, gue juga ikut-ikutan ngebully dia. Tapi, gue mikir. Gimana rasanya kalo gue jadi dia? Pasti bakalan marah, sedih, bahkan nangis di tempat.

Atas dasar intropeksi diri tersebut, gue bersama teman-teman dan guru mempunyai ide untuk berpenampilan sama seperti dia, korban bully massal tersebut. Yah, itung-itung sebagai solidaritas juga.

Selepas dari ide itu, gue menarik sebuah kesimpulan kecil. Bahwa Tuhan menciptakan umatnya dengan segala perbedaan. Tak ada yang sempurna bagi manusia baik itu fisik maupun rohaninya. Namun,  bagaimana kita menyikapi ketidaksempuranaan itu dengan rasa syukur atas karunia-Nya dan rasa menghormati dengan sesama ciptaan-Nya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s