Go-Blog

Posted: January 9, 2015 in Diary

index

Masih zaman curhat-curhatan, nulis buku harian di dalam buku? Tradisional amat brooo. Nih, gue kasih solusi paling mutakhir yang harus cobain. Yap, namanya myGamma.

myGamma merupakan salah satu dari sekian banyak sosial media. Untuk tahu lebih dalam tentang itu, gue akan menjabarkan sedikit apa itu sosial media.

Menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai “sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content”.

Media sosial/social media adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Jejaring sosial merupakan situs dimana setiap orang bisa membuat web page pribadi, kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
  • Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper
  • Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya
  • Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi

Sosial media juga memilik beberapa fungsi, diantaranya:

  • Administrasi
  • Mendengarkan dan Belajar
  • Berpikir dan Perencanaan
  • Pengukuran

Oh iya, Ini bukan tentang sinar Gamma di fisika itu. Jadi gini, MyGamma merupakan platform mobile blogging (MoBlog) yang dikembangkan oleh perusahaan BuzzCity. Cukup mendaftar via ponsel, pengguna langsung dapat membuat blog pribadi dan membaginya dengan anggota-anggota MyGamma lainnya.

Bukan cuma tulisan, blog juga bisa diperkaya foto-foto. Meski begitu, pengguna tak perlu khawatir pulsanya tersedot. Soalnya, tampilan blog telah dirancang ramah terhadap peranti bergerak.

Selain menulis blog, sesama anggota MyGamma dapat berinteraksi lewat fasilitas jejaring sosial. Feature yang tersedia antara lain forum diskusi, chatting, dan game.

myGamma itu merupakan situs jaringan sosial populer khusus ponsel yang diluncurkan pada tahun 2003. myGamma pernah memenangkan Asia Mobile Awards pada tahun 2007 untuk kategori Best Mobile Social Networking Service dan Global Mobile Awards pada tahun 2008 untuk kategori yang sama juga.

Mari bersama-sama kita budayakan GO-BLOG untuk berkreasi serta dapat menambah wadah untuk kita semua dalam mengembangkan tulisan yang dapat dibaca oleh diri sendiri serta orang banyak. Oh, iya jangan disambung ya selogan GO-BLOG disini. Beda arti….

GO yang dalam bahasa inggris berarti pergi dan Blog yang mempunyai arti blog. Jika digabungkan, Yuk pergi nge-blog. Bukan goblok. Walau serupa tapi tak sama.

Disini gue juga akan berbagi cara untuk membuat akun ini. Yuk, simak baik-baik.

Cara untuk membuat sebuah akun di myGamma bisa dikatakan sangatlah mudah. Proses Pembuatan akun bisa dilakukan dari handphon atau pc biasa. Dibawah ini adalah langkah – langkah pembuatan akun di myGamma.

  1. Pembuatan akun dari PC

    Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunjungi alamat ini http://www.buzzcity.com/f/mygamma
    Maka akan muncul layar dibawah ini :

    mygamma1

    Setelah itu lihat disebelah kiri atas ada icon m.mygamma.com
    Klik icon itu maka akan muncul tampilah dibawah ini

    mygamma2

    Sekarang liat bagian tampilan ini disini kamu klik icon JOIN MYGAMMA SEKARANG
    Maka setelah itu akan muncul tampilan dibawah ini :

    mygamma2

    Kamu pilih icon Daftar Baru dan akan muncul tampilan ini :

    mygamma-1-2-s-307x512

    Masukkan nomor Handphon yang kamu miliki, lalu Tekan kirim. Tampilan yang akan muncul berikutnya adalah sebagai berikut :
    images

    Pada kolom pertama kamu isikan password yang akan kamu gunakan untuk mengakses icon kamu di myGamma. Password berisi 6 sampai dengan 12 karakter, yang berisi huruf dan angka.
    Pada kolom kedua silahkan kamu isikan kode rahasia yang tertera pada gambar di atas kolom. Lalu isi kolom kosonng dengan data kamu. Nama, Alamat, Tanggal lahir. Klik submit kemudian kamu telah siap di gunakan. Kamu tinggal upload foto profil dan melakukan pengaturan akun untuk kenyamanan privasi kamu.

Dari sebuah artikel yang gue baca, Mygamma juga udah melekat erat di hati orang Indonesia, khususnya bagi mereka yang memang doyan nulis. Ini terbukti dari sebanyak 5 juta anggota di seluruh dunia, terdapat 400.000 pengguna myGamma di Indonesia dan sekitar 25.000 blog mobile dari Indonesia yang terdapat di situs jejaring sosial mobile, yang berjumlah sekitar satu blog mobile untuk setiap 16 pengguna.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s