Lumugada Shop (E-Commerce)

Posted: April 30, 2015 in Diary

Perdagangan sebenarnya merupakan kegiatan yang dilakukan manusia sejak awal peradabannya. Sejalan dengan perkembangan manusia, cara dan sarana yang digunakan untuk berdagang senantiasa berubah. Bentuk perdagangan terbaru yang kian memudahkan penggunanya kini ialah e-commerce atau electronic commerce.

Electronic Commerce (Perniagaan Elektronik), sebagai bagian dari Electronic Business (bisnis yang dilakukan dengan menggunakan electronic transmission), oleh para ahli dan pelaku bisnis dicoba dirumuskan definisinya. Secara umum e-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik.

Maka dari itu, kami membuat website e-commerce yang bertujuan untuk mendukung bentuk perdagangan lewat internet yang sekarang ini semakin merambah ke masyarakat luas. Kami menggunakan cms prestashop dalam pembuatan website ini. Website yang kami rancang yaitu bertemakan website toko online yang bergerak dalam dunia fashion, meliputi pakaian pria maupun wanita, beserta aksesorisnya.

Logo Lumugada

Logo Lumugada

LUMUGADA adalah nama dari website kami. Untuk membuka LUMUGADA, ketikkan www.lumugada.com pada URL di browser. Maka akan muncul tampilan utama website LUMUGADA. Pada tampilan utama, tertera menu bar yaitu Contact Us, Language, dan Sign In. Menu Contact Us bertujuan untuk memudahkan komunikasi antara konsumen dan admin toko online. Didalamnya terdapat Nomor Telepon Admi, website, serta Form message yang akan muncul sebagai pesan teks. Selain itu juga bertujuan untuk manambah kepercayaan konsumen kepada toko online kami.

Menu Bar Language tentunya berfungsi untuk memudahkan para pengunjung web yang berasal dari berbagai negara agar mengerti betul barang yang ditawarkan di website kami. Sedangkan Menu Sign terdapat Form untuk membuat akun website jika belum memiliki akun dan form sign in untuk masuk sebagai member website kami.

Pada halaman utama web juga terdapat koleksi-koleksi terbaru dan bestseller dari produk kami. Lalu, pada halaman utama juga terdapat kategori-kategori yang mengelompokkan barang berdasarkan jenis, Woman untuk Wanita, Man untuk Pria, dan Aksesoris.

Pada kategori Woman, juga dibagi lagi menjadi beberapa kategori, yaitu Dresses dan T-Shirt. Terdapat juga Pilihan Warna, Ukuran, Jumlah Stock yang tersedia. Begitu juga pada Kategori Man. Sedangkan pada kategori aksesoris hanya tersedia pilihan barang dan jumlah stock masing-masing aksesoris.

Produk yang tersedia tentu aja produk buatan sendiri dengan desain dan brand milik LUMUGADA. Untuk menjaga originalitas dan exclusivity dari produk LUMUGADA, setiap item yang tersedia hanya diproduksi maksimal 10 item per pattern. Jadi pengunjung tidak perlu khawatir dan takut kalau produk yang dipilihnya menjadi pasaran atau banyak yang menyamakan karena stoknya terbatas atau limited edition. Untuk produk atau desaign terbaru akan di update minimal sebulan sekali.

Berikut ini merupakan bagan singkat dari laman lumugada.

Bagan Lumugada

Bagan Lumugada

Apabila ingin membeli di website LUMUGADA, tidak harus memiliki akun namun lebih menguntungkan jika memiliki akun sebagai member agar mendapatkan tawaran potongan harga tertentu dan promo lainnya. Untuk menjadi member LUMUGADA, terlebih dahulu harus memiliki akun LUMUGADA, buat akun di menu bar sign in seperti yang sudah dijelaskan diatas. Dalam pembuatan akun, kita harus melengkapi data diri lengkap, username, dan password. Hal ini bertujuan untuk website memberi informasi mengenai penawaran-penawaran menarik melalui e-mail atau sms dan berguna dalam hal alamat untuk pengiriman barang.

Jika sudah memilih barang dan menekan button BELI, maka barang yang dipilih akan masuk ke shopping cart atau tas belanja, berfungsi untuk melihat barang apa saja yang telah dipilih untuk dibeli. Jika sudah yakin untuk membeli barang tersebut, langsung kepada proses pembayaran. Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer uang ke rekening yang ada pada form pembayaran. Setelah melakukan pembayaran, pengunjung wajib mengkonfirmasi dan mengirimkan nomor pengirimannya untuk selanjutnya dilakukan proses pengiriman produknya.

Sistem pengiriman dalam website LUMUGADA ada dua pilihan. Pertama, yaitu jika pengunjung tidak ingin dikenakan biaya pengiriman dapat memilih pengiriman melalui kantor pos. Dan pilihan yang kedua, yaitu melalui jasa pengiriman seperti JNE/FedEX yang pastinya dikenakan biaya pengiriman yang harganya tergantung dari lokasi pengunjung tersebut berada. Tentu saja pengiriman dengan mengunakan jasa lebih cepat sampai dibandingkan dengan menggunakan pilihan pertama melalui kantor pos.

Setelah proses pengiriman, pengunjung website kami akan diberikan nomor resi dari pengiriman produknya, hal ini bertujuan agar jika terjadi keterlambatan dalam proses pengiriman maka pengunjung bisa langsung menanyakan hal tersebut ke kantor jasa pengirimannya dengan membawa nomor resi tersebut. Apabila produk sudah sampai, maka pengunjung wajib untuk memberikan konfirmasinya.

Advertisements
Comments
  1. jtxmisc says:

    mantap banget ini infonya 🙂 , Abdul

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s