Nostalgia Bareng Inkscape

Posted: March 16, 2016 in Diary, Tugas Kampus

Selamat sore semua, salam sejahtera dan #ViscaBarca selamanya.

Memasuki minggu kedua perkuliahan semester 6, iya e-nam. Gue mendapat tugas suci dari dosen IMK untuk membuat artikel open source yang bakal kita bahas user interface yang tersedia di sebuah aplikasi.

Setelah memilah dan memilih aplikasi apa yang layak masuk di daftar riwayat blog gue, maka pilihan itu jatuh kepada inkscape. Iya, program pengolah vektor yang ‘gak gue pakai’ waktu jaman SMA. Sebenernya bukan gue yang nolak, tapi guru mata pelajaran CIT waktu itu nyaranin buat ke jalur programming, bukan desain. Nah kebetulan juga, tugas dari dosen nyuruh buat bahas program yang belum pernah kita coba apapun asalkan aplikasi itu open source.

Sebenarnya apa itu inkscape?

inkscape-logo

Logo Inkscape

Perangkat lunak (Software) pengolah vector yang sifatnya open source (Gratis) dibawah lisensi GNU GPL (GNU General Public License)  dan tujuan utamanya menjadi perangkat pengolah grafik vector yang memenuhi standar XML, SVG dan CSS. Inkscape sama seperti software Corel Draw, Adobe Illustrator dan lainnya, berbedanya Inkscape dengan Software lainnya adalah penggunaan SVG (Scalable Vector Graphics) yang sekarang memenuhi standar XML W3C

 

Prioritas utama proyek Inkscape adalah antarmuka konsistensi dan kegunaannya. Ini termasuk upaya untuk mengikuti pedoman GNOME antarmuka Manusia, aksesibilitas keyboard universal, dan kenyamanan di kanvas editing. Inkscape telah mencapai kemajuan yang signifikan dalam kegunaan sejak proyek dimulai.

1.2.0.Mengenal_Menu_menu_Inkscape

Tampilan Inkscape

Penjelasan mengenai bagian-bagian dalam jendela Inkscape adalah sebagai berikut.

1. Menu Bar
ink_menubar
Menu bar berisi menu-menu untuk mengelola dokumen secara umum, seperti File → Save untuk menyimpan dokumen dan File → Print untuk mencetak dokumen.
2. Commands Bar
inkscape-yoga-class-flyer-command-bar
Commands bar berisi ikon-ikon yang merupakan shortcut untuk perintah-perintah  pokok seperti print, open, save, dan sebagainya.
3. Tool Controls Bar
Tool Controls Bar inkscape
Tool Controls Bar berisi ikon-ikon untuk memodifikasi objek, misalnya memutar dan mengatur ukuran atau tata letak urutan objek.
4. Ruler
1.2.5.Ruler
Ruler atau penggaris berfungsi untuk melihat dan memperkirakan ukuran gambar dalam satuan pixels.
5. Scroll bar
1290198173
Scrollbars berguna untuk menggulung layar dokumen atas-bawah dan kiri-kanan.
6. Lembar Kerja
Lembar Kerja inkscape
Lembar kerja merupakan tempat untuk meletakkan objek yang Anda buat.
7. Palette
pinguin006
Palette berisi warna-warna yang dapat Anda gunakan untuk mewarnai objek. Bila Anda mengklik objek, kemudian mengklik warna yang Anda inginkan di Palette, maka warna objek tersebut akan berubah.
8. Status Bar
1.2.12.Status_Bar
Status bar dapat Anda gunakan untuk melihat status dokumen Inkscape yang sedang Anda buat. Pada Status bar tercantum informasi-informasi seperti warna objek dan  posisi objek bila dilihat pada ukuran di ruler. Status bar dapat juga Anda gunakan untuk zooming (memperbesar-memperkecil) tampilan dokumen.
9. Tool box
tool inkscape
Toolbox berisi tool-tool yang sangat berguna dalam proses perencanaan dan  perancangan suatu desain.
Nah, itulah tadi ulasan mengenai inkscape beserta menu yang terdapat pada aplikasi tersebut. Semoga bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari bahan referensi untuk mendesain sebuah projek. Sekian dan terima kasih.

 

 

 

Advertisements

Comments are closed.