Bisnis Informatika dan Perusahaan di Bidang Bisnis Informatika

Posted: October 3, 2016 in Diary

Bisnis Informatika berasal dari 2 suku kata, yaitu bisnis dan informatika. Bisnis merupakan kegiatan menjual suatu barang atau jasa kepada pelanggan untuk mendapatkan laba/keuntungan. Sementara Informatika secara umum mempelajari struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang digunakan untuk mengumpulkan data, memproses, dan menyimpan hasil pemrosesan data yang kemudian akan ditampilkan dalam bentuk informasi.

Dari kedua arti kata Bisnis dan Informatika diatas maka dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi seperti internet.

Penulis akan memberikan contoh perusahaan yang bergerak di bidang Informatika, yaitu inwepo.co.

inwepo

Inwepo.co merupakan portal tutorial Indonesia yang mencoba membantu setiap orang untuk belajar dan berbagi cara penyelesaian dalam dunia teknologi informasi.

VISI:
Menjadi portal tutorial terbesar yang membahas semua cara & langkah-langkah dalam ilmu teknologi informasi.

MISI:
Membuat dan berbagi informasi tutorial berupa langkah-langkah penanganan untuk menyelesaikan suatu masalah dalam ilmu teknologi informasi.

Tutorial di Inwepo saat ini baru mencapai 650 artikel tutorial tetapi sudah mempunyai jumlahusers mencapai 950 ribu dan 10 juta pageviews perbulan seperti screenshot di bawah ini, menurut penulis itu merupakan jumlah yang fantastik.

google-analytics-inwepo-juli

Tutorial merupakan sebuah edukasi yang tidak akan mati dan akan terus dikonsumsi layaknya seperti informasi berita, karena pada dasarnya manusia itu membutuhkan informasi dan belajar untuk terus berkembang menjadi lebih baik. Perbedaannya portal media berita dengan portal media tutorial yaitu pada isi konten yang memberikan informasi berupa cara dan langkah penanganan masalah yang sudah dibuktikan kebenaranya untuk mengatasi masalah tersebut.

Jika dikategorikan ke dalam bisnis informatika, maka inwepo.co ini termasuk ke dalam kategori menengah dan juga termasuk “Penyedia Jasa Berita dan Infotainment Online”.

CEO (Chief Executive Officer) inwepo juga masih berasal dari Kampus penulis sendiri, yaitu Universitas Gunadarma. Dia adalah adalah Fadli TN.

Karena pada dasarnya inwepo merupakan wadah tutorial, maka sistem penggajian karyawannya didasarkan oleh jumlah artikel yang penulis berikan. Kantor Inwepo terletak di Jalan Margonda Raya – Apartemen Margonda Resindence.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s