Pengantar Bisnis Informatika: Macam-Macam Badan Usaha

Posted: October 23, 2016 in Tugas Kampus
Tags: , ,

Pada kesempatan kali ini  saya akan membahas mengenai macam-macam bisnis informatika sebagai tugas kuliah pada mata kuliah pengantar bisnis informatika.

Pengertian Badan Usaha

Merupakan kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Pengertian lain dari badan usaha adalah organisasi yang terdiri atas modal dan tenaga kerja yang memiliki tujuan dalam mencari keuntungan. Badan usaha sendiri berbeda dengan perusahaan, perbedaan utamanya badan usaha merupakan lembaga sementara. Sedangkan perusahaan  adalah tempat dimana badan usaha itu mengelola faktor-faktor produksi.

Bentuk-bentuk Badan Usaha

Perusahaan Perseorangan

Merupakan jenis kegiatan usaha yang modal dana manajemennya ditangani oleh satu orang. Orang yang memiliki usaha tersebut biasanya menjadi manajer atau direktur sendiri, jadi tanggung jawabnya tidak terbatas dan keuntungan dari perusahaannya untuk diri sendiri.

Koperasi

Koperasi adalah jenis badan usaha yang beranggotakan orang – orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berlandaskan asas kekeluargaan.

BUMN (Badan Usaha Milik Negara)

BUMN merupakan jenis badan usaha dimana seluruh atau sebagian modal dimiliki oleh pemerintah. Status pegawai yang bekerja di BUMN adalah karyawan BUMN, bukan pegawai negeri. Saat ini sudah ada 3 bentuk badan usaha BUMN, yaitu:

a. Perjan

Merupakan salah satu bentuk badan usaha yang seluruh modalnya dimiliki oleh pemerintah. Kemudian perjan fokus melayani masyarakat. Namun karena selalu fokus pada masyarakat dan tanpaadanya pemasukan untuk menanggulangi hal tersebut, maka sudah tidak diterapkan lagi.

b. Perum

Sama seperti perjan, namun perum berorientasi pada profit atau mencari keuntungan. Perum dikelola oleh negara dan karyawan berstatus sebagai pegawai negeri. Walaupun sudah berusaha mencari keuntungan namun tetap saja merugi, sehingga negara menjualnya ke publik dan pada akhirnya berganti menjadi Persero.

c. Persero

Merupakan salah satu bentuk badan usaha yang dikelola oleh negara. Tidak seperti perjan dan perum. Selain mencari keuntungan, persero juga mendedikasikan untuk pelayanan masyarakat.

BUMS (Badan Usaha Milik Swasta)

BUMS adalah jenis badan usaha yang didirikan dan dimodali oleh seseorang atau sekelompok orang. Berdasarkan UUD 1945 pasal 33, bidang-bidang usaha yang diberikan kepada pihak swastaadalah mengelola sumber daya ekonomi yang bersifat tidak vital dan strategis atau yang tidak menguasai hajat hidup orang banyak. Berdasarkan badan hukumnya, BUMS dibedakan menjadi:

a. Firma (Fa)

Firma merupakan badan usaha yang didirikan oleh 2 orang atau lebih dimana tiap anggota bertanggung jawab penuh atas perusahaan. Modal firma berasal dari anggota pendiri. Untuk laba atau keuntungan dibagikan kepada anggota dengan perbandingan sesuai akta sewaktu pendiriannya.

b. CV (Commanditaire Vennootschap) atau Persekutuan Komanditer

Perusahaan Komanditer atau yang biasa disingkat menjadi CV merupakan perusahaan persekutuan yang didirikan berdasarkan saling percaya. CV merupakan salah satu bentuk badan usaha yang dipilih para pengusaha yang ingin punya kegiatan usaha namun modal minim.

Dalam CV, terdapat beberapa sekutu yang secara penuh bertanggung jawab atas sekutu lainnya, kemudian ada salah satu yang menjadi pemberi modal. Dan tanggung jawab sekutu komanditernya hanya terbatas pada sejumlah modal yang diberikan. Sehingga ada 2 jenis sekutu :

  • Sekutu Aktif : Anggota yang memimpin/menjalankan perusahaan dan bertanggung jawab penuh atas utang-utang perusahaan.
  • Sekutu Pasif : Anggota yang hanya menanamkan modalnya kepada sekutu aktif dan tidak ikut campur dalam operasional perusahaan. Sekutu asif bertanggung jawab atas resiko yang terjadi sampai batas modal uang ditanam.

 

c. Perseroan Terbatas (PT)

Merupakan badan hukum perusahaan yang banyak diminati pengusaha, karena badan hukum ini punya kelebihan dibanding lainnya. Seperti luasnya badan usaha yang bisa dimiliki terbatas hanya pada modal yang disetorkan.

d. Yayasan

Merupakan salah satu bentuk-bentuk badan usaha, namun yayasan tidak mencari keuntungan, hadi lebih menjurus ke kepentingan sosial dan berbadan hukum. Setelah membahas macam-macam bentuk dari badan usaha, selanjutnya kita akan membahas mengenai syarat-syarat yang diperlukan untuk mendirikan dari badan usaha tersebut. Sebagai contoh kita akan membahas mengenai badan usaha milik swasta, yaitu Perseroan Terbatas. Berikut ini penjelasannya:

Syarat Mendirikan Perseroan Terbatas (PT)

Berikut in adalah syarat-syarat yang perlu dipenuhi untuk mendirikan suatu Perseroan Terbatas (PT):

a. Syarat Umum Pendirian Perseroan Terbatas (PT)

  1. Copy KTP para pemegang saham dan pengurus, minimal 2 orang.

  2. Copy KK penanggung jawab / Direktur

  3. Nomor NPWP Penganggung jawab

  4. Pas photo penanggung jawab ukuran 3×4 = 2 lbr bewarna

  5. Copy PBB tahun terakhir sesuai domisili perusahaan

  6. Copy Surat Kontrak/Sewa Kantor atau bukti kepemilikan tempat usaha

  7. Surat Keterangan Domisili dari pengelola Gedung jika berdomisili di Gedung Perkantoran

  8. Surat Keterangan RT / RW (jika dibuthkan, untuk perusahaan yang berdomisili di lingkungan perumahan) khusus luar jakarta

  9. Kantor berada di Wilayah Perkantoran/Plaza, atau Ruko, atau tidak berada di wilayah pemukiman

  10. Siap di survey

Syarat Pendirian PT Secara Formal Berdasarkan UU No. 40/2007

  1. Pendiri minimal 2 orang atau lebih (Pasal 7 ayat 1)

  2. Akta notaris yang berbahasa Indonesia

  3. Setiap pendiri harus mengambil bagian atas saham, kecuali dalam rangka peleburan (Pasal & ayat 2 dan ayat 3)

  4. Akta pendirian harus disahkan oleh Menteri kehakiman dan diumumkan dalam BNRI (pasal 7 ayat 4)

  5. Modal dasar minimal Rp 50jt dan modal disetor minimal 25% dari modal dasar (Pasal 32 dan Pasal 33)

  6. Minimal 1 orang direktur dan 1 orang komisaris (pasal 92 ayat 3 dan pasal 108 ayat 3)

  7. Pemegang saham harus WNI atau Badan Hukum yang didirikan menurut hukum Indonesia, kecuali PT. PMA.

Contoh Badan Usaha Perseroan Terbatas Bergerak di Bidang Informatika

logo-telkom-indonesia

Telekomuniaksi Indonesia (Persero) Tbk, merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia. Berdasarkan Laporan Tahunan pada tahun 2014 laba Telkom pada 2014  mencapai Rp 21.471 miliar dengan total asset Rp 140.895 miliar.

Telkom merupakan salah satu BUMN yang sahamnya saat ini dimilki oleh pemerintah Indonesia 52,6% dan oleh publik sebesar 47,4% sebagian besar kepemilikan saham publik dimiliki oleh investor asing dan sisanya oleh investor dalam negeri. Telkom juga menjadi pemegang saham mayoritas disembilan anak perusahaan, Termasuk PT. Telekomunikasi Indonesia (Telkomsel).

Dalam menghadapi persaingan tersebut PT. Telkom menggunakan strategi pemasaran yang mencakup perkembangan produk, penetapan harga, pelaksanaan promosi serta pendistribusian barang yang tepat, maka kesulitan-kesulitan yang dihadapi perusahaan diharapkan akan dapat teratasi.

Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara yaitu proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara mengajukan pertanyaan meminta penjelasan mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan strategi serta di analisis dengan metode deskriptif analisis.

Strategi pemasaran yang digunakan untuk meningkatkan volume penjualan adalah pengembangan sebuah produk untuk mengikuti perkembangan pasar sesuai kebutuhan konsumen. Strategi penetapan harga yaitu biaya komunikasi sangat hemat karena biaya pemakaiannya mengacu pada tarif telepon rumah.

Strategi promosi yaitu pemasaran produk dengan promosi, biasanya dilakukan melalui beberapa media above the line, below the line, bauran promosi, launching. Strategi distribusi hal ini berhubungan bagaimana penyampaian produk kepada konsumen.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s