Membangun Perusahaan IT yang Baik

Posted: January 17, 2017 in Diary

Berlisensi_IT Company Services.jpg

Pada Mata Kuliah Softskill, penulis mendapatkan banyak maanfat dari materi pembelajaran yang  di dapat. Salah satunya adalah bagaimana membangun perusahaan IT yang baik.

Penulis memiliki pandangan bahwa dalam membangun sebuah perusahaan IT di Indonesia faktor-faktor yang harus diperhatikan antara lain; faktor SDM, Finansial / modal, Ide / Konsep usaha, Marketing / Passion, dan Niat & Keyakinan yang kuat.

Yang pertama adalah SDM. Perusahaan IT yang baik harus memiliki SDM yang memiliki standar yang baik dalam membangun sebuah produk yang akan ditawarkan kepada customer. Para SDM harus dibekali dengan kemampuan dalam hal Hardskill maupun Softskill dan juga kemampuan untuk bekerja secara tim. Kerangaka strukur organisasi yang baik juga akan membantu dalam menyelesaikan task ataupun membangun produk yang baik.

Kedua adalah dalam hal Finansial / Modal usaha. Sebenarnya faktor ini adalah relatif, dimana kita tidak perlu mempunyai modal yang banyak untuk memulai sebuah bisnis informatika. Yang terpenting adalah bagaimana memanajemen sebuah modal kemudian menentukan waktu yang baik untuk memunculkan produk yang dihasilkan. Dengan timing yang tepat tentunya kita bisa saja mendapatkan dana dari para sponsor yang tertarik dengan produk yang kita tawarkan.

Selanjutnya adalah Ide / Konsep Usaha. Hal ini merupakan faktor yang paling menentukan berhasil atau tidaknya bisnis informatika yang kita akan jalankan. Di Indonesia saat ini sudah banyak startup dan perusahaan IT yang sudah mulai membangun usahanya, karena semakain berkembangnya kemajuan teknologi masyarakat menginginkan sesuatu yang mudah dan dapat digunakan secara efektif dan tentu saja dengan harga yang terjangkau. Ide dan konsep sebuah perusahaan IT haruslah memiliki ciri khas tersendiri dan memiliki tujuan yang pasti dengan mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapai masyarakat. Selain itu sebuah perusahaan harus memilih jenis usaha apa yang akan dibangun, apakah CV, PT, dll. Pemilihan jenis usaha akan menentukan juga bagaimana perusahaan dapat begerak dalam ruang lingkup bisnis di Indonesia. Ada kutipan yang saya dapat dari seorang pembicara sekaligus seorang StandUp Comedy yaitu Pandji Pragiwaksono yang mengatakan kunci dalam berkarya adalah “Sedikit Beda Lebih Baik daripada Sedikit Lebih Baik”.

Lalu hal yang tidak kalah penting adalah Marketing / pemasaran. Pemasaran adalah hal yang sangat vital dalam hal persaingan bisnis di era informasi seperti ini. Produk yang baik tidak akan bisa dilihat oleh masyarakat dengan marketing / pemasaran yang buruk. Lewat teknik-teknik pemasaran yang baik tentunya akan membuat produk yang dihasilkan dapat lebih terlihat oleh masyarakat.

Yang terakhir adalah Niat dan Keyakinan. Dimulai dari niatlah sebuah perusahaan akan menjadi sebuah perusahaan besar. Jangan takut untuk memulai dan jangan takut untuk salah. Karena salah adalah pelajaran dan pengalaman untuk membangun sebuah perusahaan IT yang besar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s